Wajib Baca Tips Sukses Menjual Sparepart Motor Laris Manis

Ingin usaha kamu laris manis. Saya tidak akan bicara panjang lebar.

Mari simak selengkapnya di bawah ini. 

Analisa Lingkungan dan Pesaing Bisnis


Lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap bisnis ini.

Ada beberapa faktor yang membuat jualan sparepart motor tidak laku. Salah satu dari banyaknya faktor adalah lingkungan. Saya sendiri pernah mengalami hal serupa, bahkan bangkrut.  

Jadi kalau mau tips bangkrut cepat, tolong kabari saya.

Pertanyaan saya. Kamu mau bangkrut atau bangkit? Kalau jawaban kamu "bangkit" silahkan lanjutkan membaca.

Saat tahun 2015, saya membuka bisnis bengkel sekaligus menjual sparepart motor, di daerah saya. Buka modal awal tidak terlalu banyak, yaitu kisaran 10 juta, belum termasuk tempat.

Lokasi bengkel tepat depan Sekolah SMP. Beruntung saat tahun pertama buka bengkel langsung laris manis. Banyak anak SMP yang racing motor ke bengkel saya pada saat itu.

Sparepart motor yang dulu saya sediakan adalah barang KW1 dan KW2. Karena dulu berpikir pembeli kebanyakan anak-anak. Dari segi lingkungan bengkel saya. Pasti kamu berpendapat bahwa tempat tersebut sangat berpotensi. 

Tapi jangan salah, tempat tidak jadi patokan, dengarkan cerita saya dulu sampai habis.

Kamu akan mendapatkan pelajaran sangat berharga dari cerita saya. Setahun lebih, sangat laris banget, bahkan sampai balik modal. 

Namun ada kendala saat itu. Ada seseorang yang membangun bengkel besar. Lokasi nya tidak jauh, dia membangun di pinggir sekolahan tersebut.

Selesai pembangunan dia menyediakan sparepart motor sangat lengkap. Pada awal itu saya menganggap mereka adalah saingan. 

Setahun berjalan bengkel saya mulai terasa sepi bahkan penghasilan hanya dari tambal ban motor saja.

Apa yang saya lakukan, adalah kesalahan besar. Dari mana kesalahan itu. Coba kamu tebak? Jika tidak bisa. 

Berarti perlu saya jelaskan lagi. Kesalahan saya adalah menganggap mereka saingan. Saya telah belajar seminar kesana kemari.
Sejak itu pula. Saya memberanikan diri untuk mensuplay barang-barang saya ke bengkel tersebut.

Al hasil pendapatan saya sekarang lebih besar dari pada sebelumnya, saya juga lebih dekat dengan pemilik bengkel tersebut. 

Tidak ada kedengkian di hati saya dan saya bisa ber partner dengan mereka.
Sebaliknya, barang dari mereka sekarang banyak di bengkel saya. 

Jadi, saat ini bengkel saya lebih lengkap dan hampir semua kebutuhan konsumen tersedia. Begitu pun sebaliknya. Soal teknikal saya akan menjelaskan nya di bawah ini.

Rahasia Mencari Konsumen Bengkel Dengan Jitu


Rasanya tidak efektif, jika kamu terjun ke bisnis, tapi tidak tahu cara mengikat konsumen agar tetap membeli ke bengkel kamu. 

Yang pertama di lakukan adalah mencari teman sebanyak-banyaknya. Kok Teman? Alasannya sederhana. Secara logika saat seseorang membutuhkan bengkel, pasti mereka akan pilih bengkel teman nya terlebih dahulu. 

Karena konsumen menggap kamu teman, maka secara otomatis kamu sudah mendapatkan konsumen tetap. 

Bahkan ada seseorang konsumen menganggap saya sebagai keluarga dari mereka. Memang konsumen terkadang ngeselin, tapi jika kamu dengan tulus melayani. Konsumen akan menilai sendiri. Oke saya rasa sudah paham. 

Saya akan bicara tentang teknikal lainnya agar bengkel dan jual sparepart motor berkembang.

Meledakan Daya Jual Sparepart Motor

Wajib Baca Tips Sukses Menjual Sparepart Motor Laris Manis

Sampai saat ini, sebenarnya saya juga masih belajar. Namun saya akan paparkan semua, dari ilmu seminar yang telah di ikuti. Meledakan omset jualan sebenarnya bisa di bilang gampang.

Beneran gampang!! Jika kamu ingin meledakan omset cuma ada 4 metode. Money Management, Mental, Visi Misi dan ESQ. 

Saya jelaskan money management. Sekarang bisnis mana yang tidak memiliki money management. Jika kamu menghindari untuk belajar money management. 

Saya yakin bisnis kamu tidak akan pernah berkembang. Cobalah untuk membuat cabang jika bisnis kamu sudah berjalan dengan system. 

Kamu berpikir kecil maka hasil juga akan berpengaruh. Maka dari itu tolong perbesar impian kamu. Selalu cermati semua tindakan lakukan hal-hal positif.

Fokus


Terburu-buru menggandakan keuntungan itu adalah kesalahan besar. Kamu perlu sabar untuk membuat sistem bisnis berjalan dengan baik.

Belajar dan Action


Tidak peduli berapa ilmu kamu sekarang. Saya sendiri sebenarnya masih belajar. Belajar lebih banyak dari orang lain, melangkah lebih jauh dari orang lain. 

Itu adalah prinsip saya. Belum cukup sampai disini. Kamu perlu action. Karena action akan berpengaruh pada hasil. Action kamu biasa saja. Tapi ingin hasil yang luar biasa.

Saya yakin sulit untuk mencapai tersebut. Maka dari itu kamu perlu action yang luar biasa, bahkan extream.

Montir


Carilah montir yang bisa berkomitmen tinggi bahkan bisa di ajak berkembang bareng. Jangan hanya memberi gaji berikan edukasi lainnya. 

Panjang rasanya jika saya jelaskan semuanya. Masih banyak hal yang tidak bisa saya ungkapkan.Hal ini bisa di pahami dari pengalaman kamu sendiri.

Saya rasa sudah cukup, dan terimakasih sudah membaca artikel Wajib Baca Tips Sukses Menjual Sparepart Motor Laris Manis saya tutup artikel kali ini semoga bermanfaat.