Tips Menghemat Bensin Motor Saat Berkendara

Tinggal di kota-kota besar yang sering menghadapi kemacetan, belum lagi sering berkendara jarak jauh membuat pengendara motor mengunakan Bahan Bakar jadi lebih Banyak.

Penggunaan bahan bakar(BBM) yang banyak akan mempengaruhi pengendara untuk mengeluarkan uang  lebih untuk membeli Bensin. Jadi, agar kantong tidak kempis, sebagai pengguna kendaraan bermotor harus harus bisa pintar pintar mengontrol pengeluaran uang untuk membeli Bensin.

Nah artikel kali ini akan membahas tips tipa berkendara agar bensin lebih hemat apa saja yuk kita simak.

Pelajari Cara Berkendara Yang Benar

Mempelajari tentang cara berkendara yang bisa menghemat Bensin Agar lebih irit saat di gunakan penting untuk di ketahui bagi penguna sepeda motor. Karena Setiap pengguna sepeda motor memiliki karakteristik mengendendarai motor yang berbeda-beda.

Batasi kecepatan saat berkendara tidak lebih dari 60-70 Km Perjam. Dan kurangi pengunaan rem belakang.

Sebab penggunaan rem belakang bisa mereduksi power yang tersalur ke roda.

Periksa Tekanan Ban Saat akan Berkendara
Tips Menghemat Bensin Motor Saat Berkendara

Salah satu faktor yang dapat membuat Bensin motor menjadi lebih boros adalah kurangnya tekanan angin pada Ban sepeda motor

Akibat dari Ban motor kurang angin maka hal  ini bisa membuat Ban motor  berputar menjadi lebih berat dan laju motor jadi lebih lambat, hingga akhirnya bahan bakar yang di gunakan untuk menjalankan motor jadi lebih banyak.

GUNAKAN OLI BERKUALITAS
Tips Menghemat Bensin Motor Saat Berkendara

Oli yang di gunakan juga dapat mempengaruhi performa motor. Oli yang berkualitas akan membuat gesekan pada mesin menjadi lebih halus, hingga dapat mengurangi suhu panas mesin yang pada akhirnya dapat membuat konsumsi bahan bakar bensin menjadi lebih efisien dan lebih hemat.

Bersihkan Busi Motor Jika Kotor Bahkan Ganti Jika Busi Sudah Tidak Layak Pakai
Tips Menghemat Bensin Motor Saat Berkendara

Agar bahan bakar lebih Hemat, lakukan pengecekan pada Busi Motor kemudian cek busi apakah masih berfungsi normal atau buai sudah mengalami penurunan kemampuan.

Jika busi pada motor sudah tidak layak pakai segera ganti sebab apabila tidak di ganti, bukan hanya Bensin Boros saja yang terjadi pada motor, tapi juga bisa merembet ke bagian mesin motor jika ini terlalu lama di biarkan.

Perhatikan Kondisi dan Spesifikasi Kendaraan

Tidak hanya memperhatikan cara berkendara yang dengan baik, tetapi kondisi dan spesifikasi kendaraan juga mempengaruhi terhadap konsumsi bahan bakar.

karena tidak semua motor memiliki kemampuan sama dalam kemampuan mengirit bahan bakar.

Sekarang sudah banyak orang mengunakan motor matic, maka jika anda tertarik untuk mengunakan membeli motor jenis ini silahkan  cek terlebih spesifikasi motor tersebut. apakah sudah mengunakan sistem injeksi atau masih karburator, sebab jika motor mengunakan sistem injeksi dapat di pastikan motor tersebut  lebih hemat di banding dengan motor yang masih mengunakan karburator.