Kapan Seharusnya Busi Pada Motor Di Ganti

Bagi mekanik yang sudah akrab dengan dunia omotif, pasti sudah tak asing lagi di telingga dengan yang namanya busi. Ketika motor akan melakukan proses pembakaran, Busi merupakan komponen pertama yang bekerja ketika motor dihidupkan


Kapan Seharusnya Busi Pada Motor Di Ganti


Fungsi Busi sangat penting bagi Motor. Oleh karena itu, kita sebagai pemilik motor penting untuk melakukan pergantian busi jika memang sudah tidak layak pakai. Atau sudah seharusnya diganti.

Nah, yang menjadi pertanyaannya, sebaiknya kapan waktu ganti busi itu dilakukan?

Mari kita bahas.

(Kapan Waktu Yang Tepat untuk Pergantian Busi Sebaiknya Dilakukan Oleh Pengendara?)

Idealnya, di sarankan untuk melakukan pengecekan busi setiap 4000 km,
hal yang harus diperhatikan oleh pengendara motor agar busi tetap dalam keadaan prima yaitu.

Pertama membersihkan dari kotoran dan melakukan pengecekan jarak elektroda sesuai dengan spesifikasi motor.

Untuk mengetahui Ciri ciri busi yang sudah hampir mati yaitu sepeda motor mulai agak susah untuk distarter atau waktu starternya lebih lama dari biasanya, Gejala lain termasuk juga suara motor sudah yang tidak mulus lagi.

bentuk fisik busi yang layak untuk di ganti adalah, keadaan busi sudah terlihat hitam tercampur kotoran dan jarak penutup ke inti elektrodanya sudah mulai melar dari ukuran standar.

Apabila motor sudah dalam keadaan seperti ini dan busi tidak juga segera diganti, Hal ini bisa jadi akan merusak bagian motor yang lain.

Jika hal ini sampai terjadi tentunya anda harus mengeluarkan banyak uang untuk memerbaiki komponen motor yang rusak agar motor bisa digunakan kembali.

Bisakah Busi Standar tetap Berfungsi apabila di gunakan sudah Lebih Dari 8 Ribu km?

Jawabannya adalah Busi standar masih bisa berfungsi dengan baik walaupun di gunakan lebih dari 8 ribu km.Tapi semua itu tergantung dari situasi kondisi.

Busi yang kotor bisa di sebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebabnya adalah karena bahan bakar atau BBM yang terlalu boros, Yang mengakibatkan peluang busi cepat mati sangatlah besar. 

Sebenarnya busi standar masih bisa bertahan lebih dari 8 ribu kilometer bahkan hingga 20.000 kilo meter. Tapi ingat itu semua tergantung dari situasi kondisi.
BACA JUGA:Bolehkah Motor Di nyalakan mengunakan "Electric Stater" jika motor jarang di pakai?
Nah Setelah pembaca mengetahui ciri-ciri kapan busi harus diganti, maka  saran saya segera ganti Busi anda jika ciri-ciri tersebut sudah muncul. Daripada busi dibiarkan terlalu lama yang bisa membuat bagian motor yang lain rusak.

BACA JUGA:4. Penyebab mesin Mobil menjadi Overheat

Akhir kata Semoga artikel kali ini bisa memberi untuk manfaat bagi siapa saja yang membacanya.