Cara Merawat Body Motor Agar Tidak Cepat Kusam


merawat cat bodi motor agar tidak berubah menjadi kusam karena terlalu sering di pakai merupakan hal yang penting untuk di lakukan. apalagi jika motor tersebut adalah motor kesayangan maka sudah menjadi keharusan bagi pengendara untuk merawat motor agar tampak selalu kinclong.


berikut beberapa tips sederhana yang bisa di lakukan untuk merawat motor agar tetap tampak cerah. apa saja? yuk kita simak.

1.RUTIN CUCI MOTOR

agar tetap menjaga bodi motor tampak kinclong perawatan pertama sekali yang bisa kita lakukana adalah rutin mencucinya,  Dengan terus menjaga kebersihan sepeda motor, setidaknya kita bisa memelihara motor agar tetap terlihat mengkilap. Biasakan mencuci motor setidaknya dua kali seminggu. 

2.JANGAN CUCI MOTOR DENGAN DETERJEN

tips kedia yaitu Saat mencuci, gunakan sampo khusus untuk motor dan bukan deterjen.
BACA: Cara Merawat Motor Injeksi Yang Benar Agar Mesin Lebih Awet
kenapa deterejan tidak disarankan untuk di gunakan mencuci motor? Karena deterjen dapat membuat warna cat motor menjadi mudah kusam dan cepat pudar.

3.BERSIHKAN MOTOR SECARA DETIL

biasanya orang hanya membersihkan motor pada bagian yang tampak dari luar saja. padahal, ada beberapa komponen metal  sebenarnya bisa di jaga untuk benar-benar bisa tetap mengkilap.

4.GUNAKAN SIKAT GIGI DAN KUAS

kenapa sikat gigi dan kuas di rekomendasikan saat mencuci motor, hal ini di sebabkan karena adanya sudut sudut tertentu pada motor yang tidak bisa di jangkau oleh kain biasa. nah pada saat inilah sikat gigi dan kuas bisa di gunakan untuk menjangkau sudut sudut tersebut.
Jika di temukan bekas oli yang mungkin menempel pada bagian luar mesin atau kap motor, gosok dengan kain dengan sedikit bensin.

4.SEGERA CUCI MOTOR JIKA KEHUJANAN

motor yang terkena air hujan harus segera di cuci. hal ini penting untuk di lakukan agar air hujan tidak terlalu lama menempel di bodi motor. sebab air hujan mengandung zat garam yang bersifat korosif dan bisa membuata komponen metal pada motor menjadi cepat berkarat hingga membuat cat motor kusam.
BACA: Tips Menghemat Bensin Motor Saat Berkendara
ketika motor terkena air hujan saat selesai berkendara, motor jangan langsung di lap sebaiknya siramkan air terlebih dahulu ke seluruh motor agar debu debu yang menempel hilang,setelah itu barulah cuci motor.

5.POLES MOTOR SECARA RUTIN

Memberikan Polish wax pada motor akan berguna untuk membuat bodi motor tetap mengkilap dan tidak kusam, tips lainnya anda juga bisa mengunakan jeruk untuk di oles pada motor agar terlihat baru. 

6.PARKIR MOTOR DI TEMPAT YANG TEDUH

Saat akan memarkir motor carilah tempata yang teduh, jangan biarkan motor di parkir pada tempat yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan cat motor menjadi kusam.

tips apabila anda susah menemukan tempat parkiran yang teduh untuk motor, maka anda bisa gunakan cover motor agar motor tidak terkena sinar matahari secara langsung.