Bolehkah Motor Di nyalakan mengunakan "Electric Stater" jika motor jarang di pakai?

Mungkin anda pernah mendengar dari mekanik motor, jika motor yang jarang di pakai atau motor  tidak di hidupkan dalam jangka waktu yang lama tidak boleh di nyalakan langsung dengan electrik stater dan sebaiknya di nyalakan dengan kick stater (engkol motor)

Bolehkah Motor Di nyalakan mengunakan "Electric Stater" jika motor jarang di pakai?


Benarkah anggapan yang demikian atau hanya sebatas mitos yang belum tentu pasti kebenarannya?

Mari kita bahas.

BIASANYA KICK STATER SUDAH JARANG TERPASANG PADA MOTOR KELUARAN TERBARU

Hal ini penting untuk di ketahui bahwa motor keluaran terbaru sudah jarang di lengkapi dengan kick stater.

Contohnya Seperti Honda Vario 150, Kawasaki W175, Yamaha Nmax, dan Honda PCX, yang hanya bisa dinyalakan dengan electric-starter.

Sebab motor keluaran baru sudah banyak  mengunakan sistem injeksi, nah pada motor injeksi tidak masalah jika langsung mengunakan electrik stater. 

Namun anda juga tetap di sarankan untuk mengunakan Kick stater Agar bisa menghemat Daya aki Pada motor injeksi keluaran lama.

Penghematan Daya Aki inilah yang membuat banyak orang tidak langsung menyalakan motor mengunakan electrik stater. Seperti pada saat menghidupkan motor yang sudah lama tidak pernah di nyalakan.

Perlu di ketahui
Memang Motor injeksi tidak masalah jika langsung di hidupkan dengan elektrik stater walaupun motor tidak pernah di hidupkan dalam waktu satu bulan.

Tapi sudah pasti daya Aki nya akan bisa menjadi lemah, jadi memakai engkol saat menyalakan motor merupakan hal yang bagus untuk di lakukan. Baik itu motor injeksi maupun yang masih mengunakan karburator.

JIKA MOTOR AKAN DI DIAMKAN DALAM JANGKA WAKTU LEBIH DARI 10 HARI CABUT AKI PADA MOTOR

Keadaan seperti ini bisa terjadi biasanya saat liburan atau musim mudik ke kampung halaman.

Motor yang di tinggalkan di rumah dalam waktu yang lama akan lebih baik untuk di cabut terlebih dahulu Aki nya. Hal ini bertujuan agar nanti ketika motor di hidupkan tidak susah untuk Di nyalakan kembali.
Apabila motor mengalami susah untuk di nyalakan padahal sudah mengunakan electrik stater dan kick stater maka di sarankan untuk membawa ke bengkel resmi sesuai dengan brand motor tersebut.