4. Penyebab mesin Mobil menjadi Overheat

Merawat mobil secara rutin merupakan kewajiban oleh setiap pemilik mobil. Manfaat yang di dapatkan dengan perawatan secara berkala akan membuat mobil lebih minim resiko mengalami kerusakan serius.
4. Penyebab mesin Mobil menjadi Overheat

Termasuk suhu panas pada mesin dapat mengakibatkan rusaknya komponen yang ada pada mesin mobil. Apabila dibiarkan terlalu lama, bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal. 

Contohnya seperti mesin mobil mati yang di sebabkan tidak berfungsinya lagi sebagian komponen pada kendaraan. Atau klep yang bengkok akibat pemuaian dan piston yang terkunci. Apa saja yang bisa menjadi penyebab mesin mobil mengalami overheat.

Mari kita bahas

1.Cap (tutup) Radiator Rusak atau Cap Tidak Sesuai Spesifikasi Kendaraan
4. Penyebab mesin Mobil menjadi Overheat


Apabila Cap radiator Sudah rusak hal ini dapat berakibat Cap radiator tidak mampu lagi mengatur tekanan di dalam radiator, sehingga terjadi mesin mobil menjadi Overheat. Hal perlu di perhatikan, ketika membeli Cap radiator harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Sebab jika Cap radiator tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan maka Valpe di cap radiator tidak akan terbuka saat tekanan radiator tinggi yang di akibatkan suhu mesin yang panas. Dan Hal ini juga akan menyebabkan engine overheat karena sirkulasi coolant tidak akan bekerja secara maksimal.

2. Motor Fan Rusak atau Mati

Sirkulasi udara yang baik dibutuhkan Untuk mendinginkan radiator dan ini dihasilkan oleh motor fan. 

Tapi jika motor fan mati atau rusak, maka aliran udara yang mendinginkan coolant pada radiator akan terganggu. Hal ini mengakibatnya, suhu mesin akan menjadi tetap panas karena coolant tidak mampu mendinginkan suhu mesin. 

Hasilnya, temperatur di ruang bakar mesin selalu panas dan bisa menyebabkan mesin menjadi overheat

3. Air radiator habis
Air radiator bisa habis di sebabkan karena penguapan yang diakibatkan suhu mesin yang panas atau bahkan bisa juga karena adanya kebocoran pada sistem sirkulasi pada radiator.

Hal ini juga akan menyebabkan sistem sirkulasi di radiator tidak bekerja secara  maksimal. Jika air radiator menjadi sedikit, atau bahkan sampai habis, maka suhu di mesin tidak akan bisa didinginkan dan terjadilah mesin overheat.

4. Radiator bocor


4. Penyebab mesin Mobil menjadi Overheat


Radiator bocor umumnya bisa disebabkan oleh korosi pada kisi kisi radiator. Ini bisa saja terjadi karena radiator diisi selain air radiator. Kandungan oksigen dalam air bertemu dengan logam hingga akan memicu terjadinya reaksi kimia yang mengakibatkan korosi. Nah Karena korosi tersebutlah, radiator bisa terkikis dan terjadilah kebocoran.

Pada Saat radiator bocor, coolant atau air radiator akan terbuang, hingga menjadi tidak cukup untuk mendinginkan suhu pada  mesin. Apabila tetap dibiarkan maka akan terjadi overheat pada mesin.